Asisten Guru

Sobat Gubis yang baik

Beberapa hari yang lalu saya sempat diskusi dengan guru yang baru aja mengikuti Uji Kompetensi Guru untuk mendapat tunjangan sertifikasi. Topik pembahasan kita mengerucut pada “bagaimana memaksimalkan guru sebagai tenaga pengajar ?”

Akhirnya sebuah ide menarik saya lemparkan diiringi tertawa ringan beliau

“Wah .. kalau begitu guru harus punya asisten pak !” tambah saya

” ini untuk menyiasati banyaknya tugas guru yang sekarang dibebankan sebagai tuntutan profesi”

Beliau penasaran ” Asisten gimana pak ? siapa yang gaji ?”

” Sekarang kan banyak tuh anak-anak lulusan SMA dan SMK yang masih menganggur dan menunggu kerja. ya .. kita manfaatkan sebagai jasa pengetik, membuat power point, mengoreksi, memasukkan data dan tugas-tugas keseharian guru lainya yang masih bisa dia kerjakan dengan arahan kita” jelas saya

” ya .. kalo hanya tugas itu kan tiap hari kita juga bisa ” sanggahnya

” nah justru itu … bila tugas keseharian ini kita serahkan ke asisten kita, maka kita dapat lebih fokus untuk mencari ide, mengembangkan gagasan, merenung, mengevaluasi dan melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat” saya menjelaskan lagi

” sedangkan untuk masalah gaji , ya jangan melulu menggantungkan diri kepada pemerintah , ya kita sendiri yang menggaji semampu kita, saya dengar karyawan toko itu gajinya cuma 300 rb perbulan dengan kerja hingga sore hari, ya kalau kita samakan uang 300rb sangat ringan untuk guru sertifikasi.. hehehhe “

“setuju ! heheheh ” beliau mengiyakan

Teman-teman siapa yang setuju dengan saya ?

Jadwal Try Out Harian

Posted on 10 Maret 2012, in Artikel and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. Alhamdulillah tanpa ada rasa menyombongkan diri..
    walaupun saya belum bersertifikasi saya punya asisten kok,walau gajinya tidak seberapa beliaunya ikhlas menerima …
    Mengajar dengan asisten MANFAATnya LUAARRRRR BIASA….. apalagi asistennya cantik:mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen:
    itu semua sudah saya lakukan sudah lama dikarnakan saya masih belum “profesional” makanya perlu teman untuk sharing, juga dikarenakan kesibukan saya yang sering meninggalkan sekolahan…
    bagaimana Bapak/Ibu ? mau ikut jejak saya….

    salam

  2. Ada yang mau jadi asisten dalam majalah suara pgri?

  3. wah wah… ide baru bagus juga untuk di ikuti mengajar tetap jalan dan tambah baik sambil mengajari orang (asisten) menjadi guru yang baik, dan cerdas…. salam guru cerdas

  4. Bukannya istilah asisten guru sudah biasa untuk sekolah2 asing maupun di sekolah2 internasional ? Tapi saya belum menemukan data yang pasti ttg peran/tugas, standar pendidikan, standar jam kerja dan standar gaji asisten guru tsb.

Tinggalkan Balasan

